Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa dalam merumuskan permasalahan, menemukan alternatif, dan menggunakan tools dalam upaya pengambilan keputusan serta kebijakan di bidang ilmu lingkungan yang tepat, dengan ini Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) Universitas Indonesia (UI) telah berhasil menyelenggarakan Pelatihan System Dynamics. Pelatihan ini diperuntukan bagi seluruh mahasiswa jenjang S2 dan S3 yang sedang menjalankan mata kuliah Analisis Sistem Lingkungan. Pelatihan ini bertujuan utuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait cara berfikir sistem (Systems Thinking) dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat model dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan. Pelatihan ini dilaksanakan sekali dalam satu semester (Gasal dan Genap). Pelatihan ini biasanya dilaksanakan selama tiga hari pada pertengahan semester.

Pada tahun 2018, pelatihan yang kedua kalinya ini telah dilaksanakan selama tiga hari bertepatan pada hari Selasa-Kamis tanggal 16-18 Oktober 2018 di Gedung C, Lt. 5, R. 509, Sekolah Ilmu Lingkungan, Kampus UI Salemba. Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Dr. dr. Tri Edhi Budhi Soesilo, M.Si. selaku Wakil Direktur Sekolah Ilmu Lingkungan, Universitas Indonesia.

Serangkaian pelatihan ini terdiri atas beberapa sesi, antara lain: 1 sesi pembukaan, 12 sesi pelatihan, dan 1 sesi penutup. Pada kesempatan pelatihan kali ini, peserta pelatihan berjumlah 35 mahasiswa. Secara rinci peserta pelatihan antara lain: 16 mahasiswa jenjang S2 kelas regular (Angkatan 36B reguler), 11 mahasiswa jenjang S2 kelas khusus (Angkatan 36A khusus) 1 mahasiswa jenjang S2 kelas khusus (Angkatan 35B khusus), 5 mahasiswa jenjang S3 (Angkatan 17B) Sekolah Ilmu Lingkungan. Tidak hanya itu, terdapat 2 perserta tambahan yaitu 2 mahasiswa jenjang S3 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Indonesia.

Para peserta begitu antusias mengikuti setiap sesi yang diberikan selama tiga hari mengikuti pelatihan. Selama proses pelatihan, peserta dilatih langsung oleh 2 pelatih yaitu Dr. dr. Tri Edhi Budhi Soesilo, M.Si. (pelatih 1) dan Dr. Ir. Mahawan Karuniasa, M.M. (pelatih 2) yang juga dosen Sekolah Ilmu Lingkungan, serta dibantu oleh Ihya Sulthonuddin selaku asisten pelatih. Pada hari pertama, peserta dilatih penuh oleh Dr. dr. Tri Edhi Budhi Soesilo, M.Si. Hari kedua peserta dilatih oleh Dr. Ir. Mahawan Karuniasa, M.M. Pada hari ketiga, peserta dilatih langsung oleh 2 pelatih tersebut.

Para peserta dilatih banyak hal selama proses pelatihan. Beberapa diantaranya adalah cara menggunakan aplikasi Powersim Versi 10 (Berlisensi), cara membuat story, cara membuat Causal Loop Diagram (CLD) dan Stock Flow Diagram (SFD), serta cara menganalisis sebuah model lingkungan. Beberapa contoh model sederhana yang dilatih antara lain: model pertumbuhan penduduk, model AC, model Ruang Terbuka Hijau (RTH), model prestasi akademik dan kegiatan sosial, serta salah satu model yang unik dan menarik adalah model Kisah Cinta Romeo-Juliet.

Salah satu pelatih berharap, “Para peserta diharapkan mampu memahami konsep dasar form Story to Structure, form Stucture to Behavior, karena itu kunci dasar.” Tutur Karuniasa. Tidak hanya itu, “Para peserta yang telah mengikuti pelatihan terutama mahasiswa yang mengikuti mata kuliah analisis sistem lingkungan mampu mengaplikasikan hasilnya ke dalam tugas akhir dengan baik.” Ucap Soesilo menambahkan.

Pelatihan ini tentunya sangat memberikan banyak manfaat bagi peserta. Praktikum ini sangat menunjang perkuliahan analisis sistem lingkungan dan juga menunjang setiap tugas akhir Tesis dan Disertasi mahasiswa ilmu lingkungan yang menggunakan model lingkungan. Salah satu peserta mengungkapkan bahwa “Saya pernah mengikuti pelatihan semacam ini sebelumnya, dan saya tidak paham. Akan tetapi, saya sekarang jadi paham bagaimana cara membuat dan menganalisis model menggunakan powersim untuk menunjang Disertasi saya.”. Para peserta pun berharap, praktikum simulasai model lingkungan ini akan terus dilaksanakan secara simultan setiap semesternya di kemudian hari. (Kontributor berita: Ihya).