Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Pacasarjana Universitas Udayana (PSMIL Unud) meyelenggarakan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan Tema “Melalui Pengelolaan Lingkungan Desa Jatiluwih Kabupaten Tabanan, Kita Tingkatkan Kualitas Warisan Budaya Dunia Jatiluwih Secara Berkelanjutan” di Desa Jatiluwih Minggu, 26 Agustus 2018 (kemarin).

Kegiatan ini diikuti oleh Koordinator PSMIL, Dosen, Mahasiswa, dan Pegawai. Pengabdian diawali dengan tracking sambil melakukan pemungutan sampah plastik di sepanjang jalur tracking yang terdapat di Daerah Tujuan Wisata Jatiluwih yang sekarang sudah ditetapkan sebagai salah satu Warisan Dunia oleh UNESCO. Sepanjang perjalanan di jalur tracking, Dosen dan Mahasiswa juga mendapat penjelasan tentang penanganan kebersihan dan pertamanan di DTW Jatiluwih dari Bapak Dwi Mahaputra yang merupakan Divisi Kebersihan dan Pertamanan DTW Jatiluwih. Setelah trakcing selesai sampah-sampah plastik yang dipungut di sepanjang jalur tracking dikumpulkan di tempat penampungan sampah sementara.

Acara dilanjutkan dengan diskusi mengenai pengelolaan lingkungan khususnya penanganan sampah di Balai Desa Jatiluwih. Dalam kesempatan ini peserta pengabdian kepada masyarakat PSMIL Unud disambut oleh Prebekel Desa Jatiluwih Bapak I Nengah Kartika dan Divisi Promosi DTW Jatiluwih Bapak I Wayan Wiranata. Diskusi diawali dengan sambutan oleh Koordinator PSMIL Unud Prof. Dr. Ir. Syamsul Alam Paturusi, MSP. Dalam diskusi ini disampaikan juga paparan mengenai Penanganan Sampah oleh Dosen PSMIL Unud yang juga merupakan Ketua Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Universitas Udayana Bapak Dr. Ir. I Made Sudarma, MS. Diakhir acara PSMIL Unud menyerahkan kenang-kenangan berupa tempat sampah kepada Prebekel Desa Jatiluwih dan Pengelola DTW Jatiluwih. DK

Sumber: Pascasarjana Prog. S2 Ilmu Lingkungan Universitas Udayana